SHORT TRIP TO BANDUNG, INDONESIA

by - February 07, 2019


This is too short. Mencoba memanfaatkan long weekend Jumat sampai Minggu berangkat dari Jakarta, kurang cukup sih karena Bandung adalah kota nyaman kedua setelah Jogja. Baru disusul Bali. Iya enggak? Cuaca dan lingkungannya engga bikin naik pitam :”)Yaallah banyak loh yang mau di eksplor, tapi cuma ini yang bs di share. This is my bandung travel journal.

TAKE AN AWESOME SHOT AT CIWIDEY WHITE CRATER
You have to take amazing shot here! Meskipun bau belerang tapi this is so awesome place. Ciwidet ini ada dataran tinggi Bandung selatan dan cuacanya pun tidak menentu. Paling baik kata tour guide setempat dari jam 08-10 pagi. Dari loket pembelian, kita akan diantar sampai pintu kawah putih menggunakan mobil angkutan mini bersama dengan wisatawan lain. Tapi boleh kok menggunakan mobil pribadi dan dikenakan biaya sebesar Rp150.000. Tiket masuknya Rp20.000 perorang.

BERSAHABAT DENGAN RUSA DI PENANGKARAN RUSA RANCA UPAS
Anyway disini sering buat prewedding juga loh, mantaf. Tempat nya berdekatan dengan Kawah Putih kok. Ga ada tiket masuknya cuma kita harus beli wortel satu keranjang 10K untuk kasih makan rusanya. Lucuuu sih tapi perjuangan banget foto sama rusa karena banyak yang malu-malu kucing.

PICK YOUR OWN STROWBERRY
Sebenarnya di Lembang juga ada, cuman kami ga kesana. Kebun strobery ini ada di sepanjang Jalan Ciwidey Rancabali, jadi sejalur. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui ya kan. Ga pakai tiket masuk kok tapi kalau kita petik high quality and cheap strawberry kisaran Rp35.000-Rp50.000 aja.

ENJOY THE AMAZING SHOW AT SAUNG ANGKLUNG UDJO
Karena sebaik-baiknya travelling adalah yang komprehensif, liburan alam di atas udah dapet kan, saatnya cabut ke tempat wisata seni dan budaya sunda di Bandung Timur, Saung Angklung Udjo. Lebih banyak turis asing daripada orang Indo sendiri, mungkin karena destinasi wisata yang unik, dari interior, landscape sampai dekorasinya dengan budaya Sunda yang sangat kenal. Setiap hari ada pertunjukan seni budaya selama 1,5 – 2 jam. Meskipun lama, di jamin enggak bosen karena setiap sesi lagunya bikin penasaran.Pertunjukan Saung Angklung Udjo terdiri dari demonstrasi Wayang Golek, Helaran, tari tradisional seperti Tari Merak dan Tari Topeng, Calung, Arumba, Angklung Pak Daeng, Bermain Angklung Bersama, Angklung Orkestra, Angklung Jaipong dan Menari Bersama.Angklung itu dimainkan macam orchestra sama anak bangsa. Selama pertunjukkan, setiap pengunjung diberikan kesempatan untuk bermain angklung bersamaan dengan instruksi dari MC. Harga tiketnya Rp60,000-Rp75,000. Worth it kok. What a great show! <3

BERBURU KULINER DENGAN BANDUNG FOODIES
Nah ini cuma beberapa saran dari temen yang domisili di Bandung dan yang sempat kami kunjungi. Buat pecinta nasi, Nasi Goreng Mas Yono ini yaallah enaknya, banyak macamnya dan spesialis nasi goreng. Dari rasa lada hitam sampai yang ga ada rasanya di Indonesia, lumayan murah juga. Tempatnya kecil sih tapi rasa ga mengecewakan kok.Yang kedua, having breakfast in Bubur Mang Haji Oyo, bubur legendaris yang ga ada kuahnya tapi enak bisa milih toping. Bandung culinary terakhir yang wajib dan harus dicoba untuk short trip, cuanki yang endes banget Cuanki Serayu karena cuanki adalah ‘koentji’ katanya.

NONGKI CANTIK DI PIPE DREAM CAFÉ
Café hits bandung dengan design bergaya Scandinavian ini dari luar terlihat so ekslusif, kelihatan mahal gitu ya tapi actually dalamnya merakyat banget kok dari pilihan makan sampai harganya yang pas. Bisa loh siapapun yang mau buka bisnis café cari inspirasi dari Pipe Dream Bandung ini di kota masing-masing. InshaAllah milenial banget dengan segala ke-hits-an nya. Nah, ini café tempatnya selebgram take their shots seharian silih berganti, teteh geulis gitu. Satu selebgram aja bisa bawa 60an produk (wkwk).

MENIKMATI INDAHNYA ARSITEKTUR KOTA BANDUNG
Alam udah, budaya udah, kuliner juga, kemudian kami mengakhiri this short trip dengan menikmati arsitektur bandung yang bergaya campuran colonial Indonesia Eropa sepanjang dan sekitaran Jalan Braga. Ini kalau di Semarang semacam Kota Lama, di Jakarta semacam Kota Tua, dan di Jogja mirip Titik Nol Km Malioboro. Bagus engga sih? <3


BANDUNG, SEE YOU AGAIN!

You May Also Like

0 comments